Hormat dan Patuh Kepada Sesama Anggota Keluarga

Hormat dan Patuh Kepada Sesama Anggota Keluarga

Akhlaq Terpuji (Mahmudah) Hormat dan Patuh pada Sesama Anggota Keluarga


Kita semua tinggal di dalam sebuah keluarga kecil yang bahagia. Di dalam sebuah keluarga terdapat ayah, ibu, adik dan kakak. Tak jarang di dalam sebuah keluarga juga terdapat kakek, nenek dan juga pembantu rumah tangga. Sikap kita sebagai anak shalih yang harus memiliki akhlak mahmudah (terpuji) haruslah hormat dan patuh kepada anggota keluarga yang ada di rumah kita.


Seorang ayah dan ibu harus mengajarkan sikap hormat dan patuh kepada anak ankanya. Sikap hormat dan patuh kepada sesama anggota keluarga ini haruslah ditanamkan dan diajarkan serta dibiasakan oleh orang tua kepada anaknya sejak kecil. Orang tua harus membiasakan anaknya untuk menghormati kakek neneknya, adik kakaknya atau bahkan homat dan patuh kepada pembantu rumah tangga jika ada. 

Sikap hormat dan patuh inilah yang akan membuat sebuah keluarga tadi menjadi keluarga yang damai dan harmonis. Seorang kakak menghormati adiknya, seorang adik hormat dan patuh kepada kakaknya. adak anak di rumah juga harus dibiasakan hormat dan patuh kepada orang yang lebih tua, misalnya kakek dan nenek.

Berikut ini beberapa sikap hormat dan patuh kepada orang yang lebih tua, diantaranya:
1) Memakai kata kata yang sopan ketika berbicara dengan orang yang lebih tua. Misalnya: seorang anak harus menggunakan kata"minta tolong" ketika menyuruh sesuatu kepada pembantu rumah tangga.
2) Anak membiasakan menggunakan kata ''terima kasih" kepada seseorang yang telah membantu aktifitasnya
3) Anak harus dibiasakan mengucapkan kata "minta maaf" jika berbuat sebuah kesalahan.

Selanjutnya beberapa sikap yang harus dibiasakan terhadap anggota keluarga yang lebih muda, diantaranya:
1) Bersikap lembut dalam menghadapi adik adiknya
2) Tidak berkata kasar kepada yang lebih muda
3) Tidak membentak adik adiknya apabila melakukan kesalahan
4) Terbiasa mengucapakan terima kasih kepada adiknya apabila sang adik membantu pekerjaan kakaknya. (279)
5) Senantiasa bersabar mengajarkan sifat sifat terpuji dan akhlak mahmudah kepada anggota keluarga yang lebih muda karena anak kecil membutuhkan waktu untuk membiasakan dirinya berperilaku baik.


Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer